Refleksi 36 Tahun GMKI Jambi di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah - LIDINEWS.COM | Majalah Lidinews

Mobile Menu

Top Ads

More News

logoblog

Refleksi 36 Tahun GMKI Jambi di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah

Kamis, 08 Agustus 2024

Oleh: Simson Nababan

Sekretaris Fungsi Perguruan Tinggi 2021-2023 BPC GMKI Jambi

Gambar : Refleksi 36 Tahun GMKI Jambi di Tanah Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Lidinews.com

Lidinews.com - Perumpamaan sebuah kapal biru yang melaju di lautan Sumatra  menjadi simbol perjalanan panjang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jambi selama 36 tahun di Provinsi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.


Dengan usia yang kini mencapai 36 tahun (8 Agustus 1988/8  Agustus 2024), organisasi ini bukan sekadar entitas, tetapi menjadi entitas hidup yang berlayar di tengah arus zaman, badai perubahan, dan rute demokrasi.


Sebagai Kader GMKI Cabang Jambi, yang berkecimpung dan berproses didalamnya, saya merasakan makna mendalam akan perjalanan ini dan berusaha merangkumnya untuk kita refleksikan.


Kapal Biru GMKI, seperti yang diibaratkan, mungkin sudah tua dengan cat biru yang terkelupas dan kemudi yang lapuk. Mencerminkan perjalanan panjang GMKI Jambi yang telah melewati berbagai fase dan dinamika.


Perubahan warna cat biru dikapal  mencerminkan warna-warni perubahan yang telah dihadapi, sementara kemudi lapuk menandakan bahwa meski berhadapan dengan tantangan, semangat kepemimpinan di GMKI tetap kokoh, bahkan mungkin semakin matang.


Mesin yang mulai berkarat mencerminkan perlunya perawatan dan adaptasi terhadap zaman. GMKI Jambi telah berhasil menavigasi arus dan ombak dalam perjalanannya, tetapi tanpa perawatan yang baik, mesinnya mungkin mulai terkikis.


Hal ini mengingatkan kita pada pentingnya memahami dinamika zaman, beradaptasi dengan perkembangan, dan menjaga agar semangat perjuangan tetap berkobar.


Perjalanan GMKI Jambi melewati lintas demokrasi,menjadi perjalanan yang tidak mudah.


Sebagai mahasiswa Kristen, GMKI memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk pemahaman demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Sebuah perjalanan iman dan karya iman dalam mencapai kemerdekaan serta keadilan yang utuh dalam bingkai indonesia maju.


Setiap kemajuan selalu diawali oleh niat, dan diikuti dengan kerja keras; pengalaman Iman serta perjalanan iman selama bertahun-tahun membuktikan bahwa mengawal serta mengkritisi pembangunan dan pembaharuan dalam masyarakat perlu selalu didahulu oleh niat.


Lebih tegas lagi oleh niat baik dari Anggota, Senior serta Pemimpin dan masyarakat. Namun niat baik saja belum cukup, sebab jika hanya niat baik saja, semuanya hanya akan menjadi gagasan.


Niat baik harus diikuti kerja keras agar apa yang kita gagas menjadi nyata. Dalam upaya mewujudkan niat baik itu hendaknya pula dicari dan dipilih cara-cara yang efisien secara Kreatif, transformatif, Arif, efektif secara teknis, dan akuntabel serta secara konsolidasi politis etis. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menyimpan dan menawarkan banyak harapan di masa depan.


Betapa tidak! hendaknya disadari betul bahwa di masa mendatang GMKI bukan saja sebuah wadah belajar dalam artian sekolah latihan, tapi merupakan promotor penggerak revolusioner, mitra kritis dan mitra kritik pembangunan bangsa dan Negara.


Sementara kita merayakan hari jadi ini, marilah kita tetap merapatkan barisan, menjaga semangat perjuangan, dan bersama-sama mengarungi lautan yang tak terbatas, menuju masa depan yang lebih baik.


Selamat ulang tahun, GMKI Jambi Semoga Kapal Biru terus melaju dengan semangat membara, membawa harapan dan kebenaran ke setiap sudut negeri.



Editor : Arjuna H T Munthe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar